Home » Sabar Yuk Sabar Sabar Yuk Sabar
Alfian

“Setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya,semua indah pada waktu nya jika kita mau bersabar menghadapinya”

Kalimat ini aku kutip dari seorang ustadz yang aku dengar saat khotbah Jum’at, begitu tegasnya beliau menyerukan kalimat tersebut membuat jantungku berdetak begitu kencang,sadari sahabat-sahabatku bahwa bersabar adalah jalan menuju suatu kesuksesan. Kesabaran merupakan salah satu ciri mendasar orang yang bertaqwa kepada Allah SWT, kesabaran sangat berkaitan dan tidak mungkin terpisahkan dengan namanya Keimanan, sabar kurang tepat jika hanya diartikan dengan sebuah sifat yang pasif tetapi ia mempunyai nilai keseimbangan antar sifat aktif dan sifat pasif.

Sabar merupakan istilah yang berasal dari bahasa Arab, dan sudah menjadi istilah dalam bahasa Indonesia. Asal katanya adalah "Shobaro", yang membentuk infinitif (masdar) menjadi "shabran". Dari segi bahasa, sabar berarti menahan dan mencegah. Menguatkan makna seperti ini adalah firman Allah dalam Al-Qur'an:



Artinya:
Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (QS. Al-Kahfi/ 18 : 28)

Sedangkan menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

Para ulama membagi kesabaran dalam 3 hal,yaitu :
1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah,
2. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan,dan
3. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah SWT


Mungkin hanya ini saja yang dapat aku share buat sahabat-sahabat blogger,mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi semua dan semakin ingat kepada Allah SWT :)

1 Response
  1. Unknown Says:

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)


Posting Komentar

Selesai membaca,,,,silakan komentar disini :)